Jakarta – Pemasaran melalui perangkat mobile jadi cara jitu, mengingat calon konsumen yang disasar saat ini tak bisa lepas dari ponsel. 


Tak heran jika para pelapak online yang peka akan tren ini melakukan berbagai upaya agar pemasaran yang mereka lakukan via ponsel bisa sukses. Lima tips dari Google berikut ini mungkin bisa membantu mengoptimalkan pemasaran lewat ponsel. 







1. Pastikan website Anda ramah ponsel

Website ramah ponsel adalah website yang didesain agar dapat dilihat dan diakses secara optimal lewat ponsel. Tidak sulit untuk mengetahui apakah website Anda ramah ponsel atau tidak. 

Cara mengeceknya, buka saja website Anda di ponsel. Nah, apakah Anda dapat membaca tulisan-tulisan di website tanpa menyipitkan mata atau zoom in dan zoom out tampilan?

Apakah ada, misalnya gambar yang lambat loading atau tidak muncul? Kemudian, apakah Anda harus menggeser-gesernya untuk melihat seluruh laman? 

Apabila salah satu saja dari tiga pertanyaan tersebut jawabannya ‘ya’, artinya website Anda tidak ramah ponsel. Kalau ingin tahu seberapa ramah website Anda bagi pengguna ponsel, Anda dapat mengeceknya sekaligus mendapat penjelasan detail di tautan https://testmysite.thinkwithgoogle.com/

2. Ketahui apa yang konsumen butuhkan

Jangan terlalu khawatir akan waktu dan usaha yang mungkin dibutuhkan untuk membuat website Anda ramah ponsel. Anda tidak harus merombak ulang website Anda, tetapi pikirkanlah bagaimana konsumen atau audience bisa memanfaatkan dengan baik website Anda. 

Fokuskan pada bagian-bagian yang paling penting bagi keperluan mereka. Misalnya, apakah mereka perlu dengan mudah melihat-lihat atau membeli barang-barang jualan secara online? Atau apakah mereka hanya perlu nomor telepon dan alamat Anda?

3. Buatlah website ramah ponsel

Sebanyak 70% pengguna internet di Indonesia menggunakan ponsel untuk berselancar di dunia maya? Apalagi pengguna smartphone di Indonesia termasuk yang paling sering dan paling lama menggunakan perangkatnya, yaitu sekitar tiga jam per hari. 

Jadi, jika belum mempunyai website untuk bisnis Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk membuatnya. Namun jangan asal membuat website. Pastikan website bisnis Anda ramah ponsel karena calon konsumen tidak akan berlama-lama di website yang tidak ramah ponsel. 

Bahkan, apabila tiga detik saja website Anda tidak responsif, calon konsumen umumnya akan meninggalkan website Anda. Ini artinya, para pemilik bisnis harus dapat beradaptasi dengan perilaku konsumen dan memastikan website mereka ramah ponsel guna mendukung bisnis mereka. 

5 Tips Sukses Jualan Lewat PonselFoto: detikINET


4. Pelajari cara beriklan lewat ponsel

Ketika website ramah ponsel sudah beroperasi dengan baik, kini adalah saatnya Anda mulai berpikir tentang beriklan lewat ponsel. Iklan ponsel menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh iklan digital tradisional. 

Misalnya, fitur yang memungkinkan calon konsumen untuk menelepon Anda langsung dari iklan yang ditampilkan dan juga memungkinkan calon konsumen agar mengetahui seberapa dekat atau jauh lokasi mereka dari tempat bisnis Anda. 




5. Buatlah strategi iklan berdasarkan keinginan konsumen

Jika Anda baru mau beriklan lewat ponsel, cari tahu kapan konsumen atau audience pada umumnya menggunakan ponsel mereka dan bagaimana cara terbaik menjangkaunya. 

Misalnya, jika Anda ingin konsumen datang langsung ke toko, maka kemudahan menampilkan dan menunjukkan lokasi jadi faktor yang penting. Dengan demikian, pilihlah format iklan yang memungkinkan ditampilkannya petunjuk jalan dan peta untuk mengarahkan calon konsumen ke toko Anda, sehingga calon konsumen yang kebetulan berlokasi dekat dengan toko Anda tertarik untuk mampir. (Sumber:Detikinet)