Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variabel selalu memiliki nama dan tipe data. Deklarasi variabel dapat dituliskan :
<tipe-data> nama-variabel [=initial value]

Mari sekarang kita coba implementasikan ke dalam percobaan program dengan membuat class baru dengan nama variabel.java:

public class variabel {
public static void main (String[] args) {
char var1=’Y’;
int var2=5;
double var3=0.8;
boolean var4=true;
System.out.println(“ISI Variable 1=”+ var1);
System.out.println(“ISI Variable 2=”+var2);
System.out.println(“ISI Variable 3=”+var3);
System.out.println(“ISI Variable 4=”+var4);
}
}

Ketika dijalankan akan menghasilkan berikut:

ISI Variable 1=Y
ISI Variable 2=5
ISI Variable 3=0.8
ISI Variable 4=true

Pada percobaan diatas, statemen int var2=5;, int adalah tipe data, var2 adalah nama variabel, dan 5 adalah initial value

Variabel juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu variabel reference dan variabel primitif. Variabel primitif adalah variabel dengan tipe data primitif. Mereka menyimpan data dalam lokasi memori yang sebenarnya dimana variabel tersebut  berada.  Variabel  reference  adalah  variabel  yang  menyimpan  alamat dalam lokasi memori yang menunjuk ke lokasi memori dimana data sebenarnya berada. Ketika anda mendeklarasikan variabel pada class tertentu, anda sebenarnya mendeklarasikan variabel reference dalam bentuk objek dalam class tersebut.



Bahasa pemrograman Java mendefinisikan delapan tipe data primitif yaitu char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long (integral / bilangan bulat), double dan float (floating point / bilangan pecahan). String bukan merupakan tipe data primitif melainkan sebuah kelas.

Tipe data character (char), diwakili oleh karakter single unicode. Tipe data ini harus memiliki ciri berada dalam tanda single quotes (‘ ‘), contoh : ‘x’. Untuk menampilkan karakter khusus  seperti  ‘ (single quotes) atau “ (double quotes) menggunakan karakter escape (\), contoh : ‘\” atau ‘\”’.

Tipe data integral dalam Java menggunakan tiga bentuk yaitu desimal , oktal atau heksadesimal. Range tipe data integral :

Integer Length Name or Type Range
8 bits byte -27 to 27-1
16 bits short -215 to 215-1
32 bits int -231 to 231-1
64 bits long -263 to 263-1

Tipe floating point memiliki double sebagai default tipe datanya. Tipe data floating point memiliki range sebagai berikut :




Tipe-tipe Float dan range-nya

Float Length Name or Type Range
32 bits Float -231 to 231-1
64 bits Double -263 to 263-1

Tipe boolean diwakili oleh dua pernyataan : true dan false. Contoh :

boolean var1=true. Isi dari variabel var1 adalah pernyataan true.