Ransomware adalah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file sehingga tidak bisa diakses kembali.

Virus jahat Ransomware Wanna Decryptor (disebut secara singkat sebagai Wannacry) ini masif diberitakan sejak Jumat (12/5) kemarin, namun kedapatan mulai menyerang komputer di dua Rumah Sakit Jakarta tadi pagi. Seperti diberitakan oleh CNN Indonesia, Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais di Jakarta terkena malicious software yang polanya adalah mengunci komputer dan mengenkripsi semua data, sehingga komputer tidak dapat dibuka kecuali pengguna komputer tadi mengirimkan ‘tebusan’ senilai USD 300 dengan mata uang Bitcoin kepada pemilik virus. Rumah Sakit Dharmais saat ini sedang menginstal ulang seluruh komputernya dan diharapkan agar dapat beroperasi kembali besok Senin, karena saat ini seluruh data dan sistem antrean maupun pemrosesan medis terkunci.





Ransomware adalah bentuk malware yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. Enkripsi ini bisa ‘ditebus’ dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada pemilik virus. Varian Wannacry yang tren sejak kemarin ini merupakan bagian dari alat yang dikembangkan oleh NSA (National Security Agency) yang berhasil diretas hacker berkode Shadow Brokers dan kemudian disebarkan melalui github.